Senin, 18 April 2016

SEMANGAT NASIONALISME REMAJA INDONESIA
Keutuhan dan kekuatan suatu bangsa bergantung kepada seberapa kuat keyakinan akan kebangsaan itu sendiri. Seberapa kuat kita ingin menyatu pasti sekuat itu pula bangsa kita utuh, satu hal yang penting untuk itu adalah dengan menerapkan pendidikan yang bisa membangun semangat muda para remaja agar tetap mempunyai keinginan untuk bersatu.
Pemuda-pemudi masa sekarang adalah pemimpin dimasa depan, maka apabila para remaja sekarang hancur karena narkoba dan pergaulan bebas, pasti cepat atau lambat negara kita juga akan hancur berantakan.
Peran masyarakat dan juga pemerintah sangat diperlukan dalam upaya pemberdayaan para remaja Indonesia, dengan cara senantiasa membimbing dan mengarahkan anak muda masa kini supaya tidak terjerumus ke dalam jurang narkoba dan lembah pergaulan bebas.
Memang, sudah berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah ini. Namun,sepertinya itu tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu melalui tulisan ini saya berusaha mengajak kepada anak muda masa kini agar selalu senantiasa berhati-hati dalam melangkah, jangan sampai anda menjerumuskan diri anda sendiri kedalam kemaksiatan yang bisa menghancurkan masa depan dan kehidupan bangsa kita. Karena tidak sedikit tindakan dan perilaku anak muda sekarang yang dapat menyebabkan terjadinya disintegrasi bangsa. Contohnya, adalah tawuran antar pelajar atau mahasiswa perguruan tinggi, kenakalan remaja, dan bahkan yang lebih parah anak muda sekarang lebih suka berpenampilan  dan berbahasa seperti bangsa lain dibandingkan berpenampilan dan memakai bahasa negeri sendiri. Apabila masalah ini terus dibiarkan, kebudayaan dan bahasa kita akan semakin memudar seiring dengan berjalannya waktu.
Contohnya, adalah anak muda sekarang yang lebih memilih budaya asing dibandingkan budaya sendiri, yang katanya ketinggalan zaman kalau tidak meniru perkembangan dunia.
Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikan bangsa ini, jangankan bangsa lain, orang indonesianya saja sudah tidak mau melestarikan budaya sendiri. Apa nanti kata dunia jika indonesia yang memiliki banyak budaya dan bahasa telah kehilangan budaya dan bahasanya? Semestinya kita menjaga jati diri bangsa kita dan tidak membiarkan budaya dan bahasa asing  menguasai bangsa kita.
Masyarakat dunia juga tahu, bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang besar yang memiliki banyak sumber daya alam, yang memiliki banyak budaya, yang memiliki banyak adat istiadat, yang memiliki banyak bahasa dan yang memiliki kesatuan yang kokoh dari masyarakat yang heterogen. Namun rendahnya tingkat kesadaran terhadap pentingnya budaya sebagai pemersatu bangsa telah menjadi bibit penyakit yang akan menggerogoti indonesia. Semua itu merupakan salah satu dampak  negatif dari adanya teknologi yang semakin berkembang, karena tidak sedikit media internet ataupun televisi banyak menayangkan tontonan yang tidak pantas bagi para remaja indonesia yang akhirnya menjadi tuntunan bagi mereka. Contohnya, dengan meniru tindak kekerasan, meniru pelecehan seksual, dan banyak tindak kriminal lainnya.
Faktor penghambat tumbuhnya rasa nasionalisme di kalangan remaja
1.     Semakin merajalelanya globalisasi yang memicu banyak dampak negatif
2.     Kurangnya arahan dan bimbingan kepada para remaja indonesia
3.     Kurangnya pendidikan
4.     Rendahnya kesadaran dari setiap individu
5.     Masyarakat yang heterogen
6.     Masyarakat yang kurang selektif dalam menghadapi globalisasi
Mengapa semangat nasionalisme remaja indonesia harus ditingkatkan?
1.     Untuk menjaga keutuhan bangsa
2.     Untuk melestarikan budaya bangsa
3.     Menjaga bangsa yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita
4.     Menjaga integritas nasional
5.     Mempertahankan budaya bangsa agar tidak diambil bangsa lain
Namun sebuah tujuan tidak akan pernah berhasil tanpa adanya dukungan dari semua pihak, baik itu pemerintah ataupun masyarakat seharusnya tahu bahwa menjaga semangat nasionalisme dikalangan anak remaja sangatlah penting. Mulai dari pendidikan pancasila sampai pendidikan kedaerahan seharusnya ditanamkan kepada anak remaja semenjak mereka masih kecil, sehingga tertanam di dalam hati mereka jiwa nasionalisme yang tinggi, rasa cinta tanah air, dan bangga terhadap budaya bangsa, yang pada saat ini semua hal itu telah semakin memudar. Selain itu peranan pemerintah juga sangat diperlukan dalam menjaga integrasi nasional, adalah dengan mewujudkan supremasi hukum yang adil dan tidak pandang bulu, mensejahterakan rakyat, menghapuskan kesetimpangan sosial yang ada, mewujudkan pemerintahan yang bersih, menghapuskan segala bentuk korupsi dan yang paling penting adalah memberikan pendidikan yang cukup bagi putera-puteri bangsa, yaitu dengan menggalakan pembelajaran budaya daerah, melaksanakan pendidikan bela negara dan pemberdayaan generasi muda agar menjadi generasi penerus dimasa yang akan datang. Untuk mewujudkan hal itu maka sangat diharapkan bagi para orang tua agar menjaga dan mengarahkan anaknya supaya lebih selektif lagi terhadap dampak globalisasi yang tidak bisa dibendung lagi.

Dari semua uraian diatas dapat dikatakan bahwa pemerintah, rakyat dan seluruh lapisan masyarakat sangat bertanggung jawab untuk memberdayakan dan meningkatkan rasa nasionalisme dikalangan remaja indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Followers

Featured Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Cari Blog Ini

Pages

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget