Rabu, 27 April 2016

EGOIS
Egois adalah suatu sifat atau watak yang telah melekat dalam diri manusia dimana simanusia itu tidak memperhatikan orang lain dan cenderung hanya memikirkan dirinya sendiri sebagai unsur paling penting dalam hidupnya. Sifat ini pada umumnya dimiliki oleh setiap orang, namun sifat egois dalam setiap diri manusia itu berbeda-beda atau bisa dikatakan memiliki level yang berbeda. ada orang yang cukup egois, ada orang yang egois, dan ada juga orang yang sangat egois. Pada umumnya orang yang memiliki sifat egois akan cenderung dijauhi banyak orang karena sifatnya yang selalu ingin menang sendiri, tidak mendengarkan nasihat orang lain, keras kepala dan tidak pernah mau mengalah.
Sifat egois memanglah sifat yang sangat manusiawi, namun perlu diketahui bahwa sifat ini dapat mendatangkan berbagai macam masalah baik kepada si pemilik sifat ataupun kepada orang lain disekitarnya. Contohnya, sikap egois setiap orang yang enggan untuk membayar pajak karena merasa membayar pajak tidaklah penting, akibatnya dapat merugikan negara dan dapat menghambat proses-proses pembangungan yang sedang dilakukan oleh negara. Contoh lainnya adalah sikap egois para pemimpin-pemimpin legislatif ataupun eksekutif negara yang selalu cekcok dalam persidangan karena lebih mementingkan idealismenya sendiri dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain, tidak jarang terjadi perkelahian dan juga kerusuhan dalam sidang. akibatnya politik nasional mengemban malu di hadapan masyarakat, kehilangan wibawa sebagai pemimpin, dan juga menghilangkan kepercayaan rakyat kepada para pemimpin negara.
Selain itu para koruptor juga merupakan salah-satu contoh daripada rasa egoisme setiap orang, karena pada dasarnya para koruptor adalah orang-orang manja yang selalu ingin mendapatkan apa yang dia mau dengan sifatnya orangnya yang acuh tak acuh dan tidak peduli dengan keadaan sekitar sehingga  membuat para koruptor ini tidak ragu untuk mengambil dan menggelapkan uang rakyat atau negara yang akhirnya dapat merugikan negara dan juga merugikan rakyat tentunya.
Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan sikap egois, diantaranya adalah:
1.     Selalu merasa benar
2.     Acuh dan tidak peduli terhadap sesama
3.     Serakah
4.     Dimanja di waktu kecil dan,
5.     Mengutamakan kepentingan pribadi
Egois juga dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti pertengkaran, pertikaian, kesalah pahaman, dan yang paling berbahaya sifat egoisme setiap orang dapat menimbulkan disintegrasi. Oleh karena itu maka ada pentingnya bagi kita untuk selalu menjauhkan diri kita dari sifat egois dengan cara menjadi orang yang rendah hati, baik budi, selalu menerima nasihat dari orang lain dan membiasakan diri untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan serta mudah-mudahan dengan cara tersebut kita dapat menjadi orang yang jauh dari kata egois, karena jika dilihat dari contoh diatas sepertinya menghilangkan sifat egois dalam setiap diri manusia sangatlah penting untuk menjaga silaturahmi dan keharmonisan dalam lingkup masyarakat ataupun dalam lingkup kenegaraan










0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Followers

Featured Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Cari Blog Ini

Pages

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget