Sabtu, 16 April 2016

PENTINGNYA KEBERSIHAN SUATU LINGKUNGAN
Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih dari segala kotoran, baik itu limbah ataupun sampah yang berada disekitar kita.
Kita sebagai masyarakat harus selalu menjaga kesehatan lingkungan, karena selain dapat menimbulkan rasa nyaman, lingkungan yang bersih juga dapat menjaga kita dari berbagai ancaman kesehatan, hal itu dikarenakan bibit penyakit tidak mau tumbuh dan berkembang biak ditempat-tempat yang bersih.

Namun sayang, keadaan masyarakat yang cuek dan acuh terhadap lingkungannya seringkali menjadi faktor penghambat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak orang yang selalu membuang sampah sembarangan, limbah pabrik yang dibuang kesungai, ataupun tumpukan plastik yang sengaja dibuang ke drainase-drainase dan saluran air. Mereka tidak pernah berfikir sekalipun apa akibat dan dampak yang dapat ditimbulkan bagi lingkungan dan masyarakat. Contohnya, limbah yang dibuang kesungai dapat menimbulkan pencemaran, mengakibatkan ikan-ikan disungai mati, aroma yang tidak sedap dan menjadi penyebab tumbuhnya berbagai jenis penyakit.
Kesadaran adalah satu-satunya kunci untuk mengatasi masalah ini, karena walaupun sudah ratusan tahun berlalu kedepan pun  dunia dan lingkungan ini akan tetap saja kotor dan tercemar, tanpa adanya kesadaran dari setiap individu tentang betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup ini. Bayangkan, pada tahun 2016 saja terdapat hampir satu juta ton sampah di Indonesia, apabila masalah ini terus dibiarkan tanpa ada kesadaran dari kita, mau jadi apa dunia ini? Apakah dunia ini akan menjadi dunia sampah? Apa yang akan kita turunkan dan wariskan kepada anak cucu kita? Jangan sampai anak cucu kita dimasa depan mewarisi dan bertanggung jawab atas kewajiban yang seharusnya kita tanggung saat ini. Oleh karena itu kita sebagai mahluk sosial janganlah selalu memandang kepentingan diri sendiri yang bisa mengakibatkan kerugian bagi orang lain. Marilah kawan kita renungkan dan pikirkan, apa yang sudah anda lakukan untuk menjaga dan melestarikan kesehatan lingkungan kita?

Faktor yang menjadi penghambat dalam menjaga kesehatan lingkungan:
1.     Kurangnya kesadaran di masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
2.     Rasa egois setiap orang yang tidak peduli terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.
3.     Kurangnya pendidikan juga menjadi faktor yang dapat menyebabkan masyarakat tidak tahu tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup.
4.     Kurangnya peran pemerintah dalam menyikapi masalah kesehatan lingkungan.
5.     Semakin banyaknya perusahaan dan pabrik yang menyumbang pencemaran dan limbah.
6.     Masyarakat yang konsumtif dan kurangnya inovasi dalam menanggulangi masalah ini.
Pertumbuhan masyarakat yang cepat juga menjadi salah satu masalah dalam kesehatan lingkungan, karena apabila masyarakat semakin bertambah banyak maka produksi dan konsumsi juga akan bertambah banyak dan meningkat, yang dapat menyebabkan semakin bertambah banyaknya sampah yang harus ditampung dan dimusnahkan. Oleh karena itu, inovasi dalam menanggulangi sampah yang terus meningkat sangtlah mutlak diperlukan.
Salah satunya adalah dengan berfikir kreatif, yaitu mendaur ulang sampah menjadi bahan atau barang-barang yang lebih berguna. Selain bermanfaat bagi kehidupan, daur ulang juga sangat effisien dalam mengurangi jumlah sampah serta membantu menjaga kebersihan lingkungan kita.
Lingkungan yang bersih juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh kita. Karena lingkungan yang bersih pasti identik dengan keadaan yang nyaman, asri, serta udara dan airnya yang bersih, keadaan ini akan membuat tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit di bandingkan dengan keadaan lingkungan yang tercemar. Oleh karena itu, mulailah hidup sehat dengan lingkungan yang bersih dari sampah dan limbah.
Keuntungan menjaga lingkungan agar sehat dan  bersih:
1.     Terhindar dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh sampah.
2.     Suasana nyaman dan tidak terganggu oleh aroma sampah atau limbah yang kurang sedap.
3.     Terhindar dari bencana yang di akibatkan oleh sampah.
4.     Menjaga keseimbangan alam.

Beberapa cara dalam menjaga kesehatan lingkungan:
1.     Jangan buang sampah sembarangan, serta  membiasakan diri untuk buang sampah pada tempatnya.
2.     Berinovasi dengan mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna.
3.     Kerja bhakti mingguan dengan masyarakat sekitar, dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.
4.     Mengurangi jumlah pembelian kantong plastik.



0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Followers

Featured Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Cari Blog Ini

Pages

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget